Kamis, 01 September 2011

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

--> -->
Pengertian Data, Informasi dan Pengetahuan
·         Data yakni kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai raw materials
·         Data terdiri dari 4 jenis yakni teks, gambar, audio/suara dan video
·         Data secara formal dapat didefinisikan sebagai  representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.
·         Informasi bisa diartikan menjadi 4 pengertian, yaitu : data yang memiliki makna di dalam konteksnya atau data yang saling berhubungan atau data setelah dimanipulasi atau bisa juga diartikan sebagai properti terstruktur.
·         Jadi, dapat disimpulkan apabila data mentah mengalami suatu proses maka data tersebut menjadi sebuah informasi. Atau bisa dikatakan informasi adalah data mentah yang sudah mengalami suatu proses.
·         Pengetahuan memiliki 4 pengertian yang berbeda, yaitu bisa diartikan sebagai hasil dari sebuah internalisasi informasi atau informasi tentang area perhatian tertentu atau informasi untuk mendukung keputusan atau hasil dari pemahaman informasi.
·         Jadi, hubungan antara data, informasi, dan pengetahuan adalah :
DATA  →   INFORMASI    →   PENGETAHUAN (KNOWLEDGE)   →   KEPUTUSAN (DECISION)
Keterangan : Data yang berupa fakta ditangkap dan dikombinasikan dengan pengetahuan
(knowledge)  kemudian menghasikan informasi, lalu informasi di tangkap oleh otak dan kemudian menghasilkan pengetahuan, pengetahuan merupakan peta dunia kita, kemudian dari pengetahuan (knowledge) itulah dihasilkan sebuah keputusan (decision).
Informasi
·         Untuk menjadi suatu informasi, data perlu mengalami tahap pemrosesan.
·         Sifat informasi terbagi 2, perfect (sempurna, pasti) dan imperfect (tidak sempurna, mengandung unsure ketidakpastian)
·         Informasi didapat dari sumber-sumber berikut ini : pengataman lapangan (observasi), kuesioner, kejadian/event (pencatatan/perekaman), pemodelan (simulasi, forecasting), media massa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll.
·         Informasi yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut : tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan  berdasarkan fakta.
·         Informasi mengalami 3 kali evolusi, yakni :
1.       Abad Pertanian (tahun < 1800) dimana pada abad ini bertani masih menggunakan tenaga manusia dan tangan.
2.       Abad Industri (1800-1957) yaitu abad dimana para pekerja yang bekerja di pabrik menggunakan tenaga manusia dan mesin.
3.       Abad Informasi (1957-sekarang) yaitu seperti sekarang ini, para pekerja terdidik sudah menggunakan tenaga dan teknologi informasi.
·         Saat ini masyarakat sudah dinamakan sebagai masyarakat informasi, masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.
Teknologi
·         Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.
·         Definisi lain dari teknologi yaitu aplikasi  praktis dari sains dalam industri atau bisnis.
Teknologi Informasi
·         Berdasarkan definisi yang diambil dari kamus Oxford (1955) , Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
·         Dan menurut Turban (Efraim Turban, 2008), IT is the physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization (Teknologi Informasi adalah fasilitas fisik, komponen Teknologi Informasi, pelayanan Teknologi Informasi dan pengelolaan Teknologi Informasi yang mendukung sebuah organisasi secara keseluruhan.
·         Contoh bentuk teknologi informasi seperti : spreadsheet, mikrokomputer, CD-ROM, komputer mainframe, Notebook, dan papan digital.
·         Tujuan Teknologi Informasi yaitu memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
·         Fungsi dari Teknologi Informasi yaitu menangkap (capture), mengolah (processing), menghasilkan (generating), menyimpan (storage), mengambil kembali (retrieval), dan melakukan transmisi (transmission).
·         Teknologi Informasi amat sangat diperlukan karena, (1) kompleksitas tugas manajemen, (2) pengaruh globalisasi, (3) Perlunya response time cepat, (4) tekanan persaingan bisnis, (5) peningkatan layanan.
Komponen Teknologi Informasi
·         Komponen utama teknologi informasi ada 3, yaitu : Hardware (HW), Software (SW), dan Brainware (BW). Dan adapun komponen lainnya yaitu Firmware dan Infoware.
·         Hardware (perangkat keras) ialah istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.
·         Software (perangkat lunak) ialah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk program, dokumen dan data.
·         Brainware ialah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.
·         Firmware ialah perangkat lunak yang ditanamkan ke perangkat keras secara semi-permanen / instruksi yang disimpan permanen di ROM
·         Infoware ialah contohnya seperti user manual, SOP, cyber law.
·         Penerapan Teknologi Informasi ada di berbagai bidang, yakni antara lain di bidang : industri, perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan hiburan, dll. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar